Sejarah Evolusi Bus

Penulis: Hamim Septian
Editor: Achmad Susanto
Sejarah Evolusi Bus

Highlight

  • Mengapa Penting:

Sejarah bus memiliki peran krusial dalam perkembangan transportasi, membawa inovasi dari kendaraan kuda ke teknologi modern. Peningkatan efisiensi, kenyamanan, dan adaptasi terhadap perkembangan zaman membuat pemahaman akan sejarah bus menjadi penting dalam merancang masa depan transportasi yang berkelanjutan.

  • Gambaran Besar:

Sejarah bus dimulai pada 1830 dengan desain inovatif Sir Goldworthy Gurney, memperkenalkan mesin uap pada kendaraan besar. Dari sana, perkembangan teknis terus berkembang, termasuk penggunaan mesin diesel, suspensi udara, hingga desain bus modern seperti artikulasi dan bus lintas negara.

  • Sorotan:

  1. Sejarah Evolusi Bus Awal: Sir Goldworthy Gurney dan omnibus Jerman.
  2. Rangka Integral: Inovasi Fageol pada tahun 1926.
  3. Mesin dan Suspensi: Penggunaan mesin diesel dan suspensi udara.
  4. Jenis-jenis Bus Modern: City, suburban, intercity, dan school bus.
  5. Inovasi Modern dan Tren: Bus artikulasi, desain ganda lantai, dan efisiensi bahan bakar.
  6. Standar Emisi Terbaru: Perubahan signifikan untuk mengurangi polusi.
  • Perspektif Luas:

Dari kendaraan uap pada abad ke-19 hingga bus modern yang ramah lingkungan, sejarah bus mencerminkan transformasi besar dalam transportasi. Hal ini mencakup inovasi teknologi, peningkatan keamanan, hingga perubahan kebijakan standar emisi.

  • Perspektif Mendalam:

Rangka integral yang diperkenalkan oleh Fageol pada tahun 1926 membawa revolusi struktural, sementara penggunaan mesin diesel dan suspensi udara pada tahun 1953 memberikan peningkatan performa dan kenyamanan. Jenis-jenis bus modern memenuhi kebutuhan kota, pinggiran, antarkota, dan sekolah dengan desain yang terus berkembang sesuai kebutuhan.

  • Kilas Balik:

Dengan dimulainya layanan bus transkontinental pada tahun 1928, dan pengenalan mesin diesel pada tahun 1938, evolusi bus terus mempercepat. Inovasi seperti bus artikulasi pada 1950-an dan standar emisi terbaru pada tahun 2006 mencerminkan komitmen industri terhadap kemajuan teknologi dan keberlanjutan.



Sejarah Bus: Dari Kendaraan Kuda ke Teknologi Modern

Perkembangan Awal

Hingga 1920-an, sejarah bus sebagian besar mengikuti sejarah truk motor, karena bus awal terdiri dari badan bus yang dipasang pada rangka truk. Mayoritas bus sekolah saat ini dibuat dengan cara ini. Pada tahun 1921, di Amerika Serikat, Fageol Safety Coach Company of Oakland, Calif., membuat kendaraan dengan rangka yang dirancang khusus untuk layanan bus. Pada tahun 1926, Fageol mengembangkan bus dengan rangka integral pertama, dengan mesin ganda yang dipasang di tengah bawah lantai. Rangka integral menggunakan atap, lantai, dan sisi bus sebagai anggota struktural.

Inovasi Mesin dan Suspensi

Produsen bus awal lainnya termasuk Mack dan Yellow Truck & Coach di Amerika Serikat, keduanya membangun model bensin-elektrik. Pada tahun 1928, layanan bus transkontinental dimulai di Amerika Serikat. Pada tahun 1931, mesin belakang pertama kali diperkenalkan pada bus dengan rangka integral. Mesin diesel siklus dua tak pertama kali digunakan pada bus pada tahun 1938 dan masih ditemukan di sebagian besar model kota dan antarkota.

Suspensi udara diperkenalkan pada tahun 1953 dan terus digunakan pada model bus dengan rangka integral. Suspensi ini terdiri dari beberapa kantung karet tebal, atau per, yang dipasang di setiap gandar. Per udara dipasok dengan udara dari tangki penyimpanan di mana tekanannya dipertahankan sekitar 690 kilopaskal (100 pound per inci persegi). Keuntungan yang diperoleh dari tipe suspensi ini adalah bahwa, seiring dengan bertambah atau berkurangnya beban, tingkat dan ketinggian kendaraan tetap konstan.

Jenis-jenis Bus Modern

Ada empat jenis utama bus: kota atau transit, pinggiran kota, antarkota atau tur, dan sekolah. Bus kota beroperasi dalam batas kota dan ditandai dengan kecepatan maksimum rendah, platform rendah, penyediaan tempat berdiri dan penumpang kursi roda, dua pintu di sisi trotoar, kursi punggung rendah, dan tidak ada ruang bagasi. Bus pinggiran kota dirancang untuk lintasan antarkota pendek dan memiliki kursi punggung tinggi, kompartemen dan rak bagasi, serta satu pintu depan.

Jenis antarkota memiliki platform tinggi untuk memberikan ruang bagasi maksimum di bawah penumpang, kursi punggung tinggi, rak bagasi atas, monitor televisi, lampu baca individu, dan kontrol ventilasi, serta kamar mandi. Sebuah bus antarkota tipikal memiliki berat sekitar 12.000 kg, kapasitas hingga 47 penumpang, mesin diesel V-8 siklus dua tak dengan hingga 450 tenaga kuda, transmisi otomatis terkontrol elektronik, dan rem udara. Bus sekolah umumnya terdiri dari badan bus 50 penumpang, dengan lampu sinyal khusus dan perlindungan keamanan, dipasang pada rangka truk dengan sumbu panjang. Seiring dengan kenaikan biaya bahan bakar selama tahun 1990-an dan 2000-an, jumlah penumpang bus meningkat di banyak wilayah perkotaan di seluruh dunia.

Inovasi Modern dan Tren

Bus artikulasi pertama kali digunakan di Eropa pada tahun 1950-an. Dalam pengaturan ini, bodi truk terhubung ke bagian belakang bus konvensional dengan hitch, diafragma fleksibel, dan panel lantai kontinu dengan permukaan melengkung selama manuver belok. Pengaturan ini memungkinkan peningkatan kapasitas tempat duduk hingga 75 persen dan peningkatan efisiensi bahan bakar hingga 20 persen per kilometer tempat duduk. Radius belokannya sama dengan bus konvensional. Pembuatan desain ini dimulai di Amerika Serikat pada tahun 1980-an oleh beberapa perusahaan Eropa. Ganda lantai, kenyamanan tempat duduk yang ditingkatkan, dan area kaca yang lebih besar telah menjadi tren di bus tur, terutama di Eropa dan Asia.

Standar Emisi Terbaru

Standar emisi gas buang baru untuk bus mulai berlaku di Amerika Serikat pada tahun 2006 dan 2007, yang mengharuskan penurunan emisi terkait kabut sebesar 95 persen dan jelaga sebesar 90 persen dibandingkan dengan tingkat tahun 2000. Penurunan ini memerlukan beralih ke bahan bakar diesel yang diformulasikan ulang dengan kandungan belerang yang dibatasi pada 15 bagian per juta.